PROFIL TSUNADE

Posted on
Tsunade adalah kunoichi yang juga merupakan seorang Sannin. Tsunade juga merupakan hokage ke-5, master ninjutsu medis, serta satu-satunya klan Senju yang diketahui masih hidup. Sifatnya suka berjudi dan santai, namun keras dan judes seperti Sakura. Tsunade memiliki asisten yang bernama Shizune yang juga merupakan keponakan dari pacar Tsunade. Tsunade memiliki seekor babi yang bernama Tonton, yang diurus oleh Shizune. Saat menjadi Hokage, Sakura menjadi muridnya untuk belajar ninjutsu medis dan pukulan dahsyat.

Data Diri
Lahir : Konoha Gakure No Sato, 2 Agustus 38 SN
Keluarga : Senju Hashirama (Kakek), Senju Tobirama (Kakek), Nawaki (Adik).
Tim : Hiruzen (Sensei), Jiraiya (teman), Orochimaru (teman), Shizune (Murid), Sakura (Murid)
Pengalaman : Jounin Konoha, Densetsu Sannin, Iryonin, Hokage.
Debut : Naruto 85, chapter 148
Biografi
Pada tahun 38 SN, Tsunade terlahir dari klan Senju. Tsunade adalah cucu dari Senju Hashirama. Oleh karena itu, warga Konoha saat Hashirama masih hidup memanggil Tsunade dengan sebutan Hime atau putri. Namun generasi yang memanggilnya Hime kini sudah menjadi generasi tua.
Sebagaimana shinobi lainnya, Tsunade mengikuti Akademi ninja dan lulus sebagai Genin. Tsunade digabung dalam tim bersama Orochimaru dan Jiraiya dalam asuhan Hiruzen. Tim Hiruzen ini sangat istimewa karena berisikan orang-orang yang yang termasuk yang terhebat dalam sejarah ninja.
Perjalanan Tsunade sebagai Jounin dilalui dengan mengikuti banyak pertarungan. Salah satu pertarungan penting adalah pertarungan melawan hanzou di Ame Gakure. Tsunade beserta temannya, Orochimaru dan Jiraiya menjadi orang pertama tidak bisa dikalahkan Hanzou karena pertarungan berakhir imbang. Karena kekagumannya pada Tsunade cs maka Hanzou member gelar Sannin pada mereka bertiga dan akhirnya mereka dikenal sebagai Dansetsu Sannin atau Sannin yang legendaris.
Saat menjadi Jounin, Tsunade sempat mengalami perjalanan asmara bersama Jounin Konoha lainnya yang bernama Dan. Dalam peristiwa perang Tsunade sangat terguncang karena kematian adiknya Nawaki dan kekasihnya Dan dalam medan perang. Kematian dua orang terdekatnya ini membawa dampak yang sangat hebat yaitu memberinya trauma takut akan darah atau homophobia.
Penyakit Hemophobia sangat mempengaruhinya sebagai seorang Shinobi. Bagaimanapun, Tsunade masih sanggup bertarung. Namun ketika lawan mengeluarkan banyak darah, Tsunade langsung gemetar dan tak bisa melanjutkan pertarungan.
Karena keputus asaannya. Tsunade meninggalkan Konoha dan meninggalkan kehidupan sebagai Shinobi. Walaupun ia tak bisa meninggalkannya 100%. Dalam kepergiannya, Tsunade membawa Shizune, keponakan kekasihnya, Dan. Selama kepergiannya, Tsunade sempat menciptakan Jutsu baru dan mengajarkan Iryo Ninjutsu pada Shizune.
Dalam usianya menginjak 35 tahun saat itu, tsunade menggunakan henge untuk mengubah penampilannya menjadi sekitar 20 tahunan. Hal ini dilakukan hingga kini. Disaat usianya telah lima puluh tahunan, tsunade masih terlihat sebagai gadis berusia 20 tahun.
Selama petualangannya, tsunade sangat hobi berjudi. Namun ia selalu kalah dalam berjudi. Dan jika ia menang maka hal itu biasanya pertanda buruk. Disinilah peran Shizune sangat terlihat sebagai orang yang membatasi hobi Tsunade dalam berjudi. Karena Tsunade sering kalah, Tsunade sering juga berhutang. Kadang tsunade mengubah penampilan menjadi lebih muda lagi hingga ia lolos dari kejaran penagih utang.
Di Usianya yang ke 49. Ia bertemu dengan teman lamanya, Orochimaru. Orochimaru mengatakan bahwa ia telah membunuh Hiruzen dan meminta dirinya untuk menyembuhkan tangan Orochimaru yang lumpuh akibat jutsu Hiruzen. Orochimaru menawarkan menghidupkan kembali Dan serta Nawaki jika Tsunade bersedia. Orochimaru memberi waktu satu minggu untuk Tsunade berfikir.
Selama satu minggu masa berpikir, Tsunade bertemu dengan sahabat lamanya lagi, Jiraiya. Jiraiya membawa amanat dari konsili desa bahwa mereka meminta kesediaan Tsunade untuk menjadi Hokage pengganti Hiruzen yang telah dibunuh Orochimaru. Janji orochimaru sempat membuat Tsunade bimbang.
Dihari yang di tentukan, Tsunade meracuni Jiraiya agar tak ikut dalam pertemuannya dengan Orochimaru. Tsunade pergi sendiri dan hampir saja menerima tawaran Orochimaru. Namun pada akhirnya ia menolak dan malah menyerang Orochimaru.
Jiraiya, Tsunade dan Naruto tiba belakangan membantu Tsunade. Terjadilah pertarungan para Sannin antara Tsunade yang takut darah, dan Jiraiya yang telah minum racun dan dibantu Shizune dan Naruto melawan Orochimaru yang tangannya lumpuh dibantu Kabuto.
Orochimaru menunjukkan kehebatannya dengan memanfaatkan anggota tubuh lain selain tangan dan terbukti ampuh menahan seranganTsunade dan Jiraiya. Hemophobia pada Tsunade sangat di manfaatkan kabuto untuk menyerang Tsunade. Tsunade yang tak berdaya diserang Kabuto ditolong Naruto. Naruto yang mengingatkan Tsunade pada Nawaki menghilangkan hemophobia pada Tsunade dan Tsunade pun menyerang Orochimaru. Mengetahui dirinya tak akan menang menghadapi Tsunade, Orochimaru memilih pergi.
Tsunade pulang ke Konoha dan menerima jabatan Hokage. Selama menjadi Hokage, tak banyak yang dilakukannya selain mengirim shinobi dalam misi. Tsunade pernah turun tangan saat Dansetsu no Bakakyodai hampir saja membunuh Shikamaru cs.
Selama menjadi Hokage, Tsunade sangat kesal dengan tindakan Homura, Koharu dan Danzou yang sering berbeda pendapat dengannya. Akhirnya saat Pain menginvasi Konoha, Tsunade mengerahkan semua chakranya untuk menyelamatkan para warga hingga menyebabkannya tak sadarkan diri akibat kehabisan chakra. Keadaan Tsunade yang masih koma dimanfaatkan Danzou untuk segera mengambil alih jabatan Hokage.

KEMAMPUAN

Sebagai seorang Sannin, Tsunade tentu memiliki kekuatan yang dahsyat. Tsunade menyimpan dan mengumpulkan chakranya di dahinya sehingga membentuk sebuah tanda pusat chakra di dahi Tsunade. Dengan chakra tersebut, Tsunade mampu menyembuhkan semua penduduk Konoha dengan chakranya sendiri melalui Katsuyu. Chakra tersebut juga membantunya membuat terlihat muda. Jika Tsunade menggunakan beberapa chakra pada dahinya, seluruh luka pada tubuhnya akan sembuh dalam sekejap, jurus itu adalah Sozo Saisei. Tsunade dikatakan sebagai pengguna ninjutsu medis terhebat dan wanita terkuat oleh Sakura dan Shikaku.
Tsunade menggunakan Sozo Saisei
Tsunade juga memiliki kemampuan taijutsu yang dahsyat, karena kekuatannya yang sangat besar. Ia mampu menggunakan pedang raksasa Gamabunta, meremukkan tulang serta membunuh lawan dengan satu pukulan, ataupun membelah tanah dengan sentilan. Pukulannya dapat meretakkan tanah atau menghancurkan batu. Salah satu tendangan mematikannya dalah Tsutenkyaku.
Tsutenkyaku
Sama seperti Sannin lainnya, Tsunade memiliki kuchiyose yang hebat berupa siput tanpa cangkang yang bernama Katsuyu, ratu siput. Katsuyu bisa membelah dirinya menjadi beribu-ribu bagian (seperti bakteri), serta mengeluatkan lendir yang dapat melelehkan apapun yang terkena seperti batu. Dengan kemampuann Katsuyu untuk membelah diri dan menyebar, Tsunade mampu menyembuhkan semua orang di Konoha dengan menyebarkan Katsuyu untuk menempel pada setiap penduduk, lalu Tsunade mentransfer chakranya pada Katsuyu untuk penyembuhan.
Statistik Ninja dan keahlian lain
Di area Ninjutsu nilai Tsunade sempurna. Ini tidak heran untuk seorang Sannin seperti dirinya. Henge, Sozo Saisei, Ranshinshō, Shōsenjutsu adalah beberapa contoh Ninjutsu yang ia kuasai
Di area Taijutsu nilai Tsunade juga sempurna. Kemampuannya sebagai Iryonin membuatnya tak boleh terluka sehingga ia sangat serius mendalami Taijutsu. Tsūtenkyaku merupakan salah satu Taijutsu yang ia kuasai
Di area Genjutsu, Tsunade mendapat nilai 7. Nilai yang cukup untuk seorang Jounin.
Di area Inteligen, Tsunade mendapat nilai 10. Terbukti bahwa Tsunade bukan hanya penguna jutsu namun ia menciptakan jutsu seperti Fujin, Infūin: Kai dan Sozo Saisei.
Dia area kekuatan Tsunade mendapat nilai sempurna. Kekuatan Tsunade yang super ini telah menjadi cirri khasnya dan ditambah kemampuan Taijutsu yang sempurna membuatnya menjadi lawan yang tangguh.
Di area kecepatan, Tsunade hanya mendapat nilai 7. Sangat disayangkan karena area Taijutsu dan Kekuatan, ia mendapatkan sempurna. Namun nilai ini sudah standard untuk seorang Jounin.
Di area Stamina, Tsunade mendapat nilai 8. Nilai yang sangat bagus untuk seorang Jounin.
Dia area Fuin Tsunade mendapat nilai 8. Suatu nilai yang sangat tinggi walaupun di area ini ia jauh dibawah teman-temannya sesama Sannin. Kekkai Shiho Fujin dan Infūin: Kai adalah contoh jutsu yang menggunakan kemampuan Fuin
Secara keseluruhan Tsunade mendapat nilai rata-rata 8.75. Ini adalah sebuah nilai yang sangat tinggi selayaknya seorang Kage. Tsunade memfokuskan diri sebagai seorang Iryonin dan pakar dalam Iryo Ninjutsu. Kepakarannya dalam bidang Iryo Ninjutsu sangat melegenda hingga ke luar negri. Ia bahkan di asumsikan sebagai karakter terhebat dalam bidang Iryo Ninjutsu yang pernah ada.
Analisis pertarungan.
Tsunade jarang diperlihatkan aksinya.
Saat melawan Orochimaru. Keadaan sedang tidak seimbang. Orochimaru sedang tak bisa menggunakan tangannya. Hal ini jelas tak memungkinkan bagi Orochimaru untuk menang sehingga Orochimaru memilih lari. Dari segi nilai statistik. Tsunade mempunyai nilai yang persis sama. Sangat sulit menebak siapa yang akan menang jika keduanya bertarung secara fair.
Ikatan
Hubungan dengan Jiraiya sangat baik. Tsunade sangat galak terhadap Jiraiya. Apalagi dengan sikap mesum Jiraiya yang menyebalkan. Tsunade seringkali menghajarnya. Jiraiya seringkali meledeknya dengan sebutan Si Dada Rata. Saat Tsunade dewasa, entah alami entah pengaruh henge. Tsunade berpenampilan memiliki ukuran buah dada yang sangat besar.
Hubungan dengan Naruto. Awal pertemuan dengan Naruto, Tsunade meremehkan kemampuan Naruto dan bertaruh Naruto tak akan bisa mempelajari Rasengan. Namun di kemudian hari, Tsunade terbukti salah dan bahkan Narutolah yang menyembuhkan trauma darah nya selama tak langsung. Ini menumbuhkan rasa sayang Tsunade pada Naruto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *